Saat Kamu Membandingkan Diri mu Dengan Orang Lain, Maka Pada Saat Itulah Kamu Sedang Merendahkan Dirimu Sendiri...

Selasa, 10 April 2012

Membuat Bootable USB Drive Dengan Rufus


Banyak kasus yang dialami oleh pengguna Notebook misalnya Operating Sistem (OS) di note book bermasalah dan harus dilakukan install ulang. Permasalahan muncul karena di notebook tidak terpasang DVD drive yang digunakan sebagai Bootable.

USB Flash Drive (flasdisk, memori dan lain-lain) merupakan jalan keluar yang dapat digunakan mengatasi masalah tersebut. Kini ada lagi software gratis dan portable lainnya yang tidak kalah bagus, yaitu Rufus. Bahkan software ini tidak hanya untuk Installasi windows saja tetapi lebih dari itu.

Rufus merupakan Utility kecil dan ringan yang bisa digunakan untuk melakukan format dan membuat bootable USB Flash drive (flashdisk, memory dan sebagainya).
Dengan Rufus kita bisa menggunakan untuk berbagai hal, seperti :
  • Menginstall sistem operasi dari USB baik Windows atau Linux
  • Bekerja dengan hardisk yang belum ada sistem operasi-nya
  • Untuk melakukan flash BIOS atau update Firmware dari DOS
  • Untuk menjalankan software yang membutuhkan akses low level, seperti low level format

Kelebihan
Menggunakan bootable USB memang sangat menguntungkan, karena ukurannya yang kecil menjadikannya mudah di bawa kemanapun kita pergi. Dengan kemampuan serta kemudahan yang ditawarkan rufus menjadikan sofware ini bisa dijadikan alternatif pilihan yang menguntungkan. Kelebihan yang dimiliki rufus diantaranya :
  • Proses membuat bootable USB relatif lebih cepat dibandingkan sofware yang lain.
  • Ada pilihan yang menyertakan FreeDOS, sehingga bermanfaat untuk melakukan upgrade BIOS atau utility DOS lainnya
  • Ukuran sangat kecil (hanya 146 KB tanpa FreeDOS dan 407 KB dengan FreeDOS) dan juga portable (tidak perlu install)
  • Adanya fitur untuk mengecek adanya “bad block”
  • Dapat digunakan untuk membuat bootable USB berbagai sistem operasi (windows dan Linux) serta utility recovery. Selengkapnya bisa melihat uraian dibawah

Cara Penggunaan
Penggunaan software ini sangat mudah, setelah USB terpasang, jalankan Rufus. Maka akan tampil seperti halnya ketika akan melakukan format di Windows, dengan beberapa tambahan fitur, seperti informasi USB Flash drive, file system, pillihan ukuran cluster, Membuat label baru, cek adanya bad block, quick format, menambahkan label dan icon sendiri serta pemilihan file ISO.

Ketika membuat bootable USB, ada pilihan untuk membuat bootable MS-DOS, FreeDOS atau dari file ISO Image. Darimana kita mendapatkan file ISO? Untuk mendapatkan file ISO yang berisi sistem operasi, kita bisa membuatnya dari CD/DVD windows, linux atau lainnya dengan menggunakan software semisal ImageBurn.

Setelah pemilihan setting selesai, kita tinggal klik tombol Start untuk mulai membuat bootable USB flash drive dan tunggu sampai proses selesai. Bagi yang belu tahu bagaimana mengatur BIOS komputer/PC agar bisa booting dari USB Flash drive, bisa membaca artikle saya terdahulu tentang Mengatur BIOS agar bisa booting dari USB.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar