Saat Kamu Membandingkan Diri mu Dengan Orang Lain, Maka Pada Saat Itulah Kamu Sedang Merendahkan Dirimu Sendiri...

Minggu, 08 April 2012

10 Cara Merawat Flasdisk Supaya Tidak Cepat Rusak..

Flashdisk.....
Siapa yang tidak punya flashdisk sekarang ini, semua orang yang sering bergelut dengan komputer pasti memilikinya. Tetapi taukah anda bahwa flashdisk sangatlah rentan rusak ??? Nah kali ini saya memberikan tips 10 Cara Merawat Flasdisk Supaya Tidak Cepat Rusak jadi data yang ada di dalam Flashdisk tersebut tetap aman.
  1. Hindarkan dari panas langsung atau tidak langsungkomponen flashdisk terdiri dari logam yang akan memuai apabila kena panas, maka hindari meletakkan flash diks dalam ruangan yang panas, atau bahkan terkena sinar matahari langsung. Misalnya menaruhnya didalam bagasi mobil atau motor.
  2. Hindarkan dari air Karena air merupanan penghantar listrik, maka alat ini pun bisa koslet apabila terkena air dan yang jelas pasti rusak kecuali untuk model flashdisk dengan casing waterproof kamu bisa sedikit lebih aman, untuk kondisi yang tidak disengaja, misalnya flashdisk kamu di taruh di kantung celana dan kamu rendam didalam air. jangan panik dulu, segera keluarkan flashdisk tersebut dari dalam rendaman air dan panaskan dengan menggunakan hair dryer sampai betul betul kering, ingat didalam casing flashdisk bisa saja masih ada air atau lembab, jadi kamu harus memastikannya dalam kondisi kering, setelah itu flashdisk dapat kamu coba pakai kembali, dari pengalaman terkadang ada beberapa data yang rusak, tapi ada juga yang baik, jika data sudah anda selamatkan sebaiknya segera format flashdisk tersebut untuk digunakan kembali.
  3. Jauhkan dari medan magnet, didalam flashdisk terdiri dari chips atau logam kecil-kecil yang akan mudah terpengaruh dengan sumber medan magnet, oleh karena itu, hindari meletakkan flash disk ini didekat dengan TV, radio tape, speaker active, dan juga ponsel yang menghasilkan radio dan magnet.
  4. Hindari jatuh atau benturan yang kerasWalaupun dari pihak produsen mengklaim flashdisk produknya anti shock (benturan), namun begitu kita tetap menghindarinya, karena itu merupakan salah satu antisipasi kerusakan.
  5. Pasang selalu tutup flashdiskUntuk menghindari dari debu dan kotoran, apabila sedang tidak digunakan, sebaiknya kamu selalu menutupnya. Debu atau kotoran dapat menyebabkan proses baca tulis sering gagal atau bahkan tidak terbaca sama sekali.
  6. Lakukan prosedur eject atau stopjangan sala mencabut flashdisk dari PC/laptop anda. tetapi lakukan prosedur eject atau stop terlebih dahulu, kalau tidak, selain bisa menyebabkan data corrupt atau hilang juga bisa memperpendek umur flashdisk atau bahkan menjadi rusak.
  7. Minimalisasi proses hapus dan tulis di flashdiskdengan meminimalisasi proses hapus dan tulis dapat membuat flashdisk lebih awet. ingat usia flashdisk kira kira 10.000 sd 100.000 proses hapus tulis
  8. Lakukan scan virusYang tak kalah pentingnya adalah selalu scan virus, sebelum kamu membuka atau mengcopy filenya ke pc atau laptop. Tentunya dengan antivirus yang terupdate secara berkala. Hal ini untuk mencegah PC/laptop tertular dari flashdiks yang mungkin terinfeksi virus.
  9. Jangan melakukan pengeditan langsung.Usahakan file / data kita copy ke pc /laptop dahulu, baru kemudian lakukan pengeditan di PC/laptop, setelah selesai baru kemudian pindah / copykan ke flashdisk, pengeditan langsung di flashdisk, menyebabkan umurnya lebih pendek.
  10. Lakukan format berkala, format yang sering memang akan menyebabkan umur flashdisk menjadi pendek tapi untuk kondisi flashdisk yang sering tulisi data dan penghapusan data, minimal lakukan format bersih 2 bulan sekali. hal ini untuk kembali menormalkan isi yang ada didalam flashdisk kita Ok demikian 10 tips praktis merawat flashdisk anda, ingat banyaklah melakukan update data, jangan cuma bergantung kepada 1 flashdisk, karena jika flashdisk anda rusak anda sendiri yang akan mengalami kerugian.
Semoga bermanfaat ea...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar