Saat Kamu Membandingkan Diri mu Dengan Orang Lain, Maka Pada Saat Itulah Kamu Sedang Merendahkan Dirimu Sendiri...

Selasa, 10 April 2012

Cara Install 2 Windows (XP & 7) Dalam Satu Komputer


Ada kalanya aplikasi software yang dapat di baca oleh windows XP tetapi tidak dapat terbaca oleh Windows 7, padahal software tersebut sangat di butuhkan. untuk mengatasi masalah tersebut sangatlah mudah yaitu dengan cara menggunakan dua operating sistem dalam satu komputer/laptop. Karena penggunaan dua OS ini emakan bayak tempat, disarankan hardisk yang digunakan juga harus yang berkafasitas besar.



Untuk membuat Dual Boot Windows Xp dan Windows 7 di komputer anda, ada beberapa langkah yang harus dilakukan antaralain :

Software yang dibutuhkan :
1. Software Pembagi Partisi seperti Easus Partition Master
2. Windows 7 Bootable DVD.
3. Driver Hardware yang compatible dengan Windows 7

1. Membuat Backup
Walaupun Easeus Partisi Master dapat menyesuaikan partisi dengan aman sekaligus menjaga keutuhan data, Anda ingin membuat cadangan semua data Anda untuk berjaga-jaga. Mungkin hanya membuat salinan semua file data pada CD / DVD atau pada hard disk eksternal. Walaupun mungkin terdengar seperti berlebihan, memiliki cadangan ekstra akan memberikan ketenangan pikiran.

2. Membuat Paritisi Untuk Windows 7
Setelah Anda men-download dan menginstal Easeus Partisi Master Home Edition, partisi ulang hardisk Windows XP sangat mudah. Ketika Anda memulai Easus Partisi Master, Anda akan melihat partisi Anda dalam tampilan pengguna yang baik dan terorganisir, seperti yang ditunjukkan Gambar . Minimal kapasitas partisi hardisk untuk windows 7 sebesar 20 Gb.

Untuk memulai, pilih partisi dan kemudian klik menu Resize/Move. Bila Anda melihat kotak dialog Resize/Move Partisi, tentukan ukuran partisi baru pada kotak Ukuran Partisi. Contohnya bagi dua partisi 160GB sehingga menjadi 80Gb. kemudian tulis atau drag size hardisk ke posisi bagi 2.

Bila anda sudah selesai membagi partisi hardisk anda, tekan tombol apply, akan muncul pesan untuk meminta merestart komputer anda, klik tombol “Yes”, komputer anda akan restart dan booting kembali, sebelum masuk ke system Windows, Easus akan melakukan proses membagi partisi hardisk anda, tunggu sampai proses selesai, kemungkinan komputer akan restart kembali dan booting sampai masuk ke system windows, maka partisi anda sudah selesai dibuat.

Menginstall Windows 7 pada Partisi yang baru

Setelah masuk ke Windows Xp, memasukkan DVD Windows 7 ke DVD Room dan restart Windows XP. Ketika sistem anda boot dari DVD, Anda akan mulai prosedur instalasi seperti biasa. Ketika Anda akan diminta untuk memilih jenis instalasi, pilih Custom (advanced)
Anda akan diminta untuk memilih di mana Anda ingin menginstal Windows 7, seperti, Pilih partisi yang baru yang masih kosong (Jangan pilih paritisi tempat Windows Xp). Kemudian klik tombol Next dan lanjutkan dengan prosedur instalasi.

Booting Windows 7

Ketika Anda me-restart sistem, Anda akan melihat menu pilihan Booting Windows dan Anda akan melihat bahwa nama Windows lama (Xp) dan Versi baru dari Windows.

11 komentar:

  1. mantab inpo nya oom..
    mungkin kita bisa bertuker informasi ato backlink.. X_X

    BalasHapus
  2. mantap gan makasih banget infonyaaa
    jd tambah pengetahuan
    sangat membantu tutorialnyaaa

    BalasHapus
  3. terima kasih banyak atas ilmu nya, thanks,,

    BalasHapus
  4. ternyata tidak sulit ya, makasih bos..

    BalasHapus
  5. gan aku sudah install bisa, 2 os tapi vga yang ke detect di windosws 7 kok intel ironplate, padahal yang di windows XP intel HD graphics solusinya gmn gan?

    BalasHapus
  6. Pemecahan masalah yang bagus
    Thanks from TIK LEBIH DEKAT

    BalasHapus
  7. makasih gan triksnya ane coba dulu yeee

    BalasHapus
  8. kolo kita pake windows 7 vs 8 kira2 sama gak gan cara settingnya ama di atas... ???

    BalasHapus
  9. mantap gan thanks banget tipsnya !

    BalasHapus
  10. Yang punya blog kmna nih? Kok gk da yg di respon sama sekali, coment nya teman2.

    BalasHapus