Saat Kamu Membandingkan Diri mu Dengan Orang Lain, Maka Pada Saat Itulah Kamu Sedang Merendahkan Dirimu Sendiri...

Selasa, 10 April 2012

Cara Untuk Memperbaiki Hardisk Yang Bad Sector



Pernahkan mengalami kerusakan hardisk di komputer anda..? ada banyak faktor yang menyebabkan hardisk mengalami kerusakan, baik secara fisik (hardware) ataupun program (software). Kerusakan pada hardisk dapat di timbulkan karena, mati listrik secara tiba-tiba, debu yg menempel pada hardisk, terlalu panas keras karena kurangnya pendingin pada komputer, terjatuh atau berbenturan dengan benda dan lain-lain.

Bad sector pada hardisk umumnya terbagi atas 2 bagian yaitu kerusakan secara fisik dan kerusakan secara program (software) yang dikenal dengan istilah Bad block dan bad sector.

Setelah kita tahu jenis kerusakan, maka selanjutkan kita akan membahas, cara menanggulangi kerusakan yang dialami tersebut. Kerusakan sofware dapat diatasi dengan menggunakan sofware sebagai berikut :

HDD Low Level Format Tool
Aplikasi Low Level Format berfungsi menghapus secara permanen semua data, partisi dan informasi bad sektor yang ada dalam hardisk tersebut. Setelah menjalankan aplikasi Low level format, hardisk akan bersih total seperti saat anda menggunakan hardisk ini pertama kali.

Langkah-langkah untuk menggunakan HDD Low Level Format :

  1. Download dulu Program HDD Low Level Format di www.hddguru.com atau disitus-situs lain yang menyediakan layanan download program ini.
  2. Install dan jalankan program HDD Low Level Format
  3. Pilih Hardisk yang akan di-Format, kemudian klik Continue..
  4. Klik pada Low Level Format, klik format This Device.. Tunggu hingga selesai, biasanya waktu yang diperlukan cukup lama tergantung kapasitas hardisk.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Image
Recovery Software dari beberapa Vendor hardisk
Vendor hardisk yang mengeluarkan software untuk melakukan analisa dan maintenance hardisk, diantaranya adalah sebagai berikut :
Fujitsu IDE Low level Format Utilities Software ini untuk memperbaiki hardisk bad sector untuk hardisk merek Fujitsu dan anda bisa download disini atau kesini www.fujitsueurope.com/support/disk/software/erase.zip

Bad Block atau kerusakan secara fisik pada hardisk
Sebelumnya Periksa hardisk anda lewat Bios apakah terdeteksi oleh Bios atau tidak, kalau Terbaca berarti itu kerusakan hanya pada Software hardsik dan anda bisa gunakan tools yang sudah di bahas diatas serta mengikuti langkah-langkahnya, apabila tidak terbaca sama sekali maka logikanya secara software saja tidak bisa di-deteksi oleh Bios apalagi di Format, tentu tidak bisa.

Berarti Perangkat keras didalam hardisk ada beberapa yang sudah tidak berfungsi atau mengalami kerusakan dibagian vitalnya, mungkin saja motherboadnya atau piringan magnetnya rusak yang disebabkan jatuh, benturan keras dan lain sebagainya. Menurut pengalaman kerusakan secara fisik yang paling parah pada hardisk adalah piringan magnetnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar