Saat Kamu Membandingkan Diri mu Dengan Orang Lain, Maka Pada Saat Itulah Kamu Sedang Merendahkan Dirimu Sendiri...

Kamis, 12 April 2012

5 Manfaat Ajaib Berkebun


Bagi sebagian orang, berkebun merupakan hobi yang mengasyikan. Saat akhir pekan merupakan merupakan saat yang menyenangkan untuk menanam tanaman baru atau merapikan taman. Ternyata, berkebun tak hanya membuat senang tapi juga mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan.

Menurut Health, Rabu (11/4), berikut ini ada lima keuntungan yang bermanfaat bagi tubuh jika Anda rutin berkebun.

Menghilangkan Stres

Sebuah penelitian terbaru di Belanda menunjukkan bahwa berkebun dapat melawan stres lebih baik dibandingkan dengan kegiatan rekreasi santai. Peneliti membagi dua kelompok yang mengalami stres, kelompok pertama diperintahkan untuk membaca di dalam ruangan atau taman selama 30 menit. Sementara kelompok lainnya diperintahkan untuk berkebun. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok yang berkebun dilaporkan memiliki suasana hati yang lebih baik daripada kelompok membaca dan tingkat hormon stres kortisolnya lebih rendah.

Mengurangi Gejala Depresi

Dalam penelitian yang dilakukan ilmuwan Norwegia, orang yang telah didiagnosis mengidap depresi, suasana hati turun atau gangguan bipolar II diminta menghabiskan waktu selama 6 jam seminggu untuk menanam bunga dan sayuran. Setelah tiga bulan, setengah dari jumlah peserta mengalami penurunan dalam gejala depresinya. Bahkan suasana hati mereka terus menjadi lebih baik tiga bulan setelah program berkebun berakhir.

Olahraga

Berkebun bisa membantu Anda untuk bergerak, menghirup udara segar dan mendapatkan sinar matahari. Menggali tanah, menanam, memangkas tanaman, menyiangi dan hal-hal lain memerlukan kekuatan atau menggerakkan otot-otot di tubuh sehingga menyebabkan Anda akan berkeringat. Tanpa disadari kita sedang melakukan aktivitas fisik.

Kesehatan Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang terkait dengan berkebun bisa membantu menurunkan risiko terkena demensia. Dua penelitian terpisah yang diikuti orang berusia 60-70 tahunan selama 16 tahun menunjukkan bahwa mereka yang berkebun secara teratur memiliki risiko 36-47 persen lebih rendah terkena demensia bahkan setelah berbagai faktor kesehatan lainnya diperhitungkan. Kombinasi dari aktivitas fisik dan mental dalam berkebun memiliki pengaruh positif bagi pikiran.

Nutrisi

Makanan yang Anda tanam saat berkebun merupakan makanan sehat dan segar yang bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Tak mengherankan jika beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tukang kebun lebih sehat karena makan banyak buah dan sayuran.

Penelitian berkebun pada anak-anak sekolah setelah jam belajar juga menunjukkan bahwa anak-anak yang berkebun lebih mungkin untuk makan buah dan sayuran. Mereka juga jauh lebih berani mencoba makan makanan baru.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar