Saat Kamu Membandingkan Diri mu Dengan Orang Lain, Maka Pada Saat Itulah Kamu Sedang Merendahkan Dirimu Sendiri...

Sabtu, 21 April 2012

Dahsyatnya Wudhu' Menurut Ilmu Kesehatan



"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri." (Qs. Al-Baqarah : 222)


Membasuh telapak tangan, wajah dan organ lain :
Membasuh wajah dan kedua telapak tangan sampai ke siku memiliki manfaat yang sangat besar dalam menghilangkan debu dan mikroba, lebih dari membasuh hidung. Membasuh wajah dan kedua telapak tangan sampai ke siku juga daat menghilangkan keringat dan permukaan kulit dan membersihkan kulit dari lemak yg dipartisi oleh kelenjar kulit, dan ini biasanya menjadi tempat yg ideal untuk berkembang biaknya bakteri. jika disertai pijatan yang sempurna dan menuang air secukupnya, seperti tuntunan Rasululloh SAW. Bila proses tersebut diikuti dengan benar, maka tidak ada kotoran atau kuman yang tertinggal di tubuh kecuali apa yang telah Alloh tetapkan.

Membasuh Hidung :
Menghirup air melalui hidung. Membasuh dan membersihkan hidung sangat membantu dalam menjaga agar lubang hidung bersih dan bebas dari inflamasi dan kuman. Penelitian ilmu modern membuktikan bahwa kebanyak orang yg berwudhu secara kontinyu, maka hidung mereka bersih dan bebas dari debu, bakteri dan mikroba. Tidak diragukan lagi bahwa lubang hidung merupakan tempat yg rentan dihinggapi mikroba dan virus, tetapi dengan membasuh hidung secara kontinyu, maka lubang hidung menjadi bersih dan terbebas dari radang dan bakteri, dan ini mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Proses ini dapat menjaga manusia akan bahaya pemindahan mikroba dari hidung ke anggota tubuh yg lain.

Berkumur :
Berkumur dengan mulut. Ilmu pengetahuan modern telah membuktikan bahwa berkumur bisa melindungi mulut dan kerongkongan/tenggorokan dari inflamasi, dan juga gusi bernanah (pyorrhea). Selain itu juga dapat melindungi dan membersihkan gigi, yakni dapat mengeluarkan sisa makanan yang tertinggal di gigi. Penelitian modern membuktikan bahwa berkumur juga dapat menjaga mulut dan tenggorokan dari radang dan menjaga gusi dari luka. Manfaat berkumur lainnya yg juga penting adalah menguatkan sebagian otot-otot wajah dan menjaga kesegarannya. Berkumur merupakan latihan penting yang diakui oleh pakar dalam bidang olahraga, karena berkumur jika dilakukan dengan menggerakkan otot-otot wajah dengan baik dapat menjadikan jiwa seseorang tenang.

Membasuh kedua kaki :
Membasuh kedua kaki. Membasuh kaki dengan pijatan menimbulkan perasaan tenang dan puas yang meliputi seorang muslim setelah wudhu'. dengan memijat secara baik dapat mendatangkan perasaan tenang dan nyaman, karena telapak kaki merupakan cerminan seluruh perangkat tubuh. Orang yang berwudhu seakan-akan memijat seluruh tubuhnya satu-persatu, padahal ia hanya membasuh kedua telapak kakinya dengan air dan memijatnya dengan baik. Ini merupakan salah satu rahasia timbulnya perasaan tenang dan nyaman yang dirasakan oleh seorang muslim setelah berwudhu.

Lainnya :
Rahasia-rahasia lain dari wudhu'. Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa sirkulasi darah pada lengan tangan bagian atas hingga lengan bagian bawah, dan pada lengan kaki bagian bawah hingga posisi kaki lebih rendah dibandingkan organ-organ lainnya, sekelililng badan hingga pusat regulasi darah, yakni jantung. Jadi, membasuh kedua lengan tersebut dengan pijatan setiap kali wudhu' membantu memperkuat sirkulasi darah di bagian ini, dengan demikian menambah vitalitas dan aktivitas tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar